Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai Objek 3 Dimensi yang saya buat dengan menggunakan Blender. Objek yang saya buat adalah sebuah senjata yang bernama MERIAM. Saya menggunakan Aplikasi ini karena Open Source, dibandingkan jika menggunakan 3Ds Max.
OBJEK 3 DIMENSI
Saya akan menjelaskan objek – objek dasar apa yang saya gunakan dalam membuat sebuah objek senjata meriam . Objek dasar yang saya gunakan antara lain adalah cylinder dan plane Cyllinder saya gunakan untuk membuat objek meriam, plane saya gunajan untuk membuat alas meriamnya.
Cylinder
Sebuah silinder adalah salah satu bentuk yang paling dasar
geometris lengkung, permukaan yang dibentuk oleh titik-titik pada jarak tetap
dari suatu ruas garis yang diketahui, sumbu silinder. Padat tertutup oleh
permukaan ini dan oleh dua pesawat tegak lurus terhadap sumbu juga disebut
silinder.
Modifier 3 Dimensi (Modifikasi Objek)
Setelah itu,
kita mulai modifikasi bentuknya agar menyerupai meriam yang diinginkan. Disini
saya menggunakan scale dan juga extrude pada objek yang ingin
dimodifikasi. Fungsi Scale adalah
untuk digunakan untuk memperbesar atau memperkecil objek. Jadi cube tadi akan
kita lalukan scale agar sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Scale ini juga
dapat di perbesar atau diperkecil sesuai dengan sumbunya, yaitu x, y, atau z.
Sedangkan
Extrude memiliki fungsi untuk menumbuhkan
geometri baru dari geometri yang telah ada. Biasanya digunakan untuk
menumbuhkan sesuatu dari permukaan face. Jadi kita dapat membuat geometri baru
sehingga bentuk cube tersebut dapat menyerupai bentuk meriam, dan begitu juga
dengan cylinder.
Namun, jika
pada cylinder saya tidak hanya menggunakan scale dan extrude saja, tapi juga
menggunakan penggandaan objek untuk roda sebanyak 2 kali. Pada
blender, dapat menggunakan fungsi duplikat dengan menggunakan shourtcut “d”
pada keyboard. Setelah terduplikasi,kita letakkan roda di sisi kanan dan kiri meriam.OBJEK MATERIAL
MATERIAL adalah memberikan
efek/kesan tertentu pd objek shingga tampak mendekati objek sesungguhnya sesuai
yang diinginkan.Agar suatu objek
seperti objek sesungguhnya maka berikan efek2 material pd objek tersebut.
Shader adalah program yang digunakan dalam 3D software tertentu (softimage) dalam proses
special rendering. shader diperlukan untuk memenuhi kebutuhan special
effect tertentu atau menentukan karakteristik material pada permukaan objek .
ada 3 jenis shader :
1. Vertex Shader
Berkaitan dengan vertex (titik) dari suatu objek 3D.
Pembuatan, perubahan bentuk objek ditangani disini.
2. Geometry Shader
Hanya ada di DirectX 10. Geometry Shader menjembatani Vertex
Shader dengan Pixel Shader.
3. Pixel Shader
Bertanggung jawab pada masalah lighting, semua visual efek
ada disini. Warna akhir dari suatu pixel ditentukan disini.
- Anisotropic
- Blinn
- Metal
- Multi Layer
- Oren Nayar Blinn
- Phong
- Strauss
- Anisotropic : material dengan highlight berbentuk ellipse. Biasanya digunakan untuk benda bentuk memanjang
- Blinn : material dengan highlight berbentuk bulat dan sedikit lembut. Tipe ini merupakan default
- Metal : material yang mensimulasi efek logam
- Multi Layer : material dengan highlight berlapis, dan lebih kompleks dibandingkan Anisotropic
- Oren Nayar Blinn : material yang sedikit redup dan rata dibandingkan Blinn, misalnya untuk karpet
- Phong : material dengan highlight bulat dan lebih tajam dibandingkan Blinn
- Strauss : material dengan permukaan metalik atau non metalik, namun dengan pengaturan yang lebih sederhana dibandingkan jenis lainnya
Face Map : berfungsi sebagai Texture Mapping pada area tertentuDalam keadaan aktif, map akan digambar di setiap per-mukaan objek.* 2-Side : mengaktifkan material dua sisi, objek dirender pada bagian luar dan dalam di setiap sisinya. Hanya berpengaruh pada material yang tembus pandang, yaitu Wire dan Transparan.* Facated : merender objek dengan segmen-segmen yang tajam atau tegas.Untuk memberikan efek-efek tertentu digunakan sebuah parameter. Tiap jenis shader memiliki basic parameter & extend parameter, untuk basic parameter tiap jenis shader berbeda-beda, sadangkan untuk extend parameter sama jenis shader strauss.Berikut adalah basic & extend parameter yg umum diberikan :Basic parameter :* Ambient :fasilitas penghitungan cahaya dalam perangkat lunak 3D yang memungkinkan kita untuk melihat objek/contur secara detail dengan menggunakan shading/gelap terang sebagai acuannya.
* Diffuse : mempengaruhi warna asli benda atau cahaya yang diterima oleh material akan menyebar kesegala arah.
* Spectacular : mempengaruhi warna terang sebuah benda
* Self illumination : berfungsi untuk memberikan tingkat terang terhadap warna yang dipilih dari Diffuse Color.extend parameter :~advanced transparency => setting transparan objek material.~type => jenis transparencyAdvanced transparency terdiri dari :* Falloff : Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object terpilih).Fallof dibagi menjadi 2, yaitu :
* Falloff in : ukuran falloff lebih besar dari hatspot sehingga cahaya yg masuk lebih banyak.
* Falloff out : ukuran falloff lebih kecil dari hotspot sehingga cahaya yg masuk lebih sedikit.filter : Memilih map untuk yang akan dicampurkan pada latar belakang material transparan.
subatractive : Menentukan map/warna yang terjadi saat terhalang oleh material transparan berupa warna/map yang lebih gelap.
additive : Menentukan map/warna yang terjadi saat terhalang oleh material transparan berupa warna/map yang lebih terang.tampilan yang realistis pada objek material dapat memanfaatkan fasilitas mapping.Terdapat beberapa macam mapping, yaitu :1. Texture map : suatu teknik untuk menirukan detail permukaan dengan pemetaan gambar (tekstur) menjadi polygons. Mapping coordinate
2. Mapping coordinate :
* Texture map terdiri dari :
- bitmap : memilih file gambar image
- checker : pola papan catur
- marble : tekstur berupa marmer
- gradien : tekstur dari gradasi tiga buah warna
- water : menampilkan efek air
- wood : menampilkan tekstur kayu
* Mapping Coordinate
- offset : menggeser posisi bitmap pada material
- bitmap : memilih file gambar image
- checker : pola papan catur
- marble : tekstur berupa marmer
- gradien : tekstur dari gradasi tiga buah warna
- water : menampilkan efek air
- wood : menampilkan tekstur kayu
* Mapping Coordinate
- offset : menggeser posisi bitmap pada material
sumber:
http://agnesniatirumondang.blogspot.com/2012/11/macam-macam-modifier.html
http://agnesniatirumondang.blogspot.com/2012/11/menggandakan-objek.html
http://agnesniatirumondang.blogspot.com/2013/01/objek-material.html
http://agnesniatirumondang.blogspot.com/2012/11/macam-macam-modifier.html
http://agnesniatirumondang.blogspot.com/2012/11/menggandakan-objek.html
http://agnesniatirumondang.blogspot.com/2013/01/objek-material.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar